Kurikulum 2013, Mengapa SLB (Sekolah Luar Biasa) Terlupakan?

Saat ini pemerintah dalam hal ini Kemendikbud sedang menayangkan “Bahan Uji Coba Publik Kurikulum 2013” yang sedang santer-santernya dipublikasikan lewat situs kemendikbud.go.id

Saya pribadi sebagai seorang pendidik mendukung langkah-langkah pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dalam peluncuran Kurikulum 2013 yang akan diuji cobakan mulai tahun 2013 mulai dari tingkatan pendidikan I, IV, VII dan X dan pada tahun 2014 mulai dari tingkatan pendidikan I, II, III, V, VII, VIII, X,XI serta pada tahun 2015 semua satuan pendidikan menggunakan Kurikulum 2013.

Walaupun ditengah “Uji Publik” terlihat adanya yang kontra tetapi banyak pula yang pro atau mendukung peluncuran Kurikulum 2013 ini, pertanyaannya adalah apa yang sudah pemerintah siapkan dalam mendukung keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013?

Pengertian Kurikulum dalam kebijakan pendidikan nasional sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.

Dalam pengertian Kurikulum tersebut jelas tergambar bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan dibutuhkan tujuan, isi, perangkat pembelajaran, sarana prasarana pendukung, pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen dan kepemimpinan sehingga dapat mendukung keberhasilan suatu kurikulum.

Sesaat saya melihat isi dari Uji Publik Kurikulum 2013 disitu tidak terlihat, tergambar dan tertulis tentang Pendidikan Luar Biasa atau khususnya untuk siswa/i yang menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa. Bila SLB harus mengacu pada Kurikulum 2013 yang saat ini belum terlihat, tergambar dan tertulis bagaimana perangkat kurikulum 2013 khusus untuk SLB alangkah naifnya pemerintah sebagai pemegang kebijakan terhadap kemajuan pendidikan suatu bangsa belum dapat menjawab semua kebutuhan akan semua satuan pendidikan yang ada di negeri ini.

Apakah Kurikulum 2013 menganak tirikan Sekolah Luar Biasa? Apakah memang pemegang kebijakan tidak mengetahui bahwa SLB-pun memberikan kemajuan terhadap NKRI ini? Apakah mereka tidak tahu bahwa siswa/i SLB-pun anak bangsa yang berhak mendapatkan pelayanan pendidikan dengan anak-anak lainnya?

Mari kita lihat bersama apakah Kurikulum 2013 dapat menjawab tantangan kebutuhan akan semua satuan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, PT juga jangan sampai terlupakan SLB…entahlah, mari kita lihat bersama di tahun mendatang….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: